Wednesday 10 December 2014

TEKNOLOGI DI ERA MODERN

Diera modern ini tidak bisa dipungkiri lagi,teknologi menjadi kebutuhan primer di kehidupan manusia. Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat.
            Lalu apa sebenarnya Teknologi itu? Mengapa teknologi saat ini berperan penting bagi kehidupan manusia? Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata. Ia adalah istilah yang mencakupi banyak hal, dapat juga meliputi alat-alat sederhana, seperti linggis atau sendok kayu, atau mesin-mesin yang rumit, seperti stasiun luar angkasa atau pemercepat partikel. Alat dan mesin tidak mesti berwujud benda; teknologi virtual, seperti perangkat lunak dan metode bisnis, juga termasuk ke dalam definisi teknologi ini. dan Teknologi juga dapat dipandang sebagai kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan.
            Perkembangan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang Perkembangan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.
Di lain pihak suatu kebijaksanaan terhadap arus teknologi asing, terutama dalam bentuk penanaman modal asing (PMA), justru menghambat kemandirian yang lebih besar dalam proses pengembangan kemampuan teknologi negara berkembang karena ketergantungan yang terlampau besar pada pihak investor asing, karena merekalah yang melakukan segala upaya teknologi yang sulit dan rumit.
Ini menjadi bukti bahwa memang teknologi sudah menjadi kebutuhan dan merata di setiap sektor kehidupan manusia. Terlebih setelah adanya penemuan komputer dan laptop, yang sekarang hampir semua pekerjaan manusia memiliki hubungan dengan komputer ataupun laptop. Sehingga pantas jika komputer adalah penemuan yang paling mutakhir dan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.

            Perkembangan teknologi sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 3 hal, yaitu:
1.      Perkembangan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris: neutral technological progress). Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
2.      Perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris: labor-saving technological progress). Perkembangan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
3.      Perkembangan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris: capital-saving technological progress). Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini menyebabkan banyaknya brand-brand barang berteknologi yang bertebaran di dunia saat ini. Contoh nyata banyaknya brand-brand tersebut adalah hand phone, dewasa ini baik di Indonesia maupun di dunia sedang gempar dengan bermunculannya berbagai brand smart phone yang saling bersaing untuk mendapatkan pembeli. Beberapa brand smart phone yang saling bersaing saat ini antara lain I Phone, Windows Phone, Samsung dan masih banyak yang lainnya.
Baik I Phone, Samsung dan Windows Phone memiliki cara yang berbeda-beda dalam mempromosikan produknya guna merebut pangsa pasar handphone. Apa itu pangsa pasar? Pangsa pasar adalah market segmen yaitu bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya seperti tinggat pendapatan, umur, jenis, kelamin, pendidikan, dan status sosial. Ada lagi istilah yang berkaitan dengan penjualan suatu barang yaitu market share. Market share yaitu bagian pasar yang sikuasi oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, biasanya dinyatakan dalam bentuk presentase.
Dengan ketatnya persaingan di dunia teknologi pada era modern ini, setiap perusahaan dituntut untuk memiliki strategi pemasaran yang baik, agar mampu tetap bertahan di pasar penjualan barang. Apa si yang dimaksud strategi pemasaran? Dan mengapa strategi pesamasaran menjadi aspek yang begitu penting? Menurut Philip Kotler(2004, 81) ”strategi pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasa sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran.”
Sedang menurut tjiptono (2002, 6) ”strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan yang mengembangkan keunggulan bersain yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.”
Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar adapat mencapai tujuan yang diharapkan. Jadi menetapkan strategi pemasaran yang akan dijalankan peusahaan haruslah terlebih dahulu melihat situasi dan kondisi pasar serta menilai posisi dipasar. Dengan begitu strategi pemasaran menjadi aspek yang penting, kerena didalamnya akan berisi cara-cara untuk menarik minat dari para pembeli, dan menghitung besarnya pengeluaran serta pemasukan dari penjualan suatu produk.

Dengan ketatnya persaingan di pasar tak sedikit produsen yang menjual prosuk degan harga yang murah namun dengan kualitas yang buruk pula. Meski ada pula produsen yang rela menjual murah produk yang berkualias. Dengan adanya hal-hal itu menuntut konsumen untuk berhati-hati dalam memilih produk. Diperlukan adanya testing terhada produk yang akan dibeli, hal ini agar tidak salah dalam membeli produk.
 Testing yang dapat digunakan untuk melihat kualiatas suatu produk dapat dibedakan menjadi 2 bentuk yaitu white box testing dan black box testing. Apa si white box dan black box testing itu? Baik kita aan bahas satu per satu.
1. White Box Testing
            White box testing adalah pengujian yang didasarkan pada pengecekan terhadap detail perancangan, menggunakan struktur kontrol dari desain program secara procedural untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian. White box testing memiliki beberapa tujuan yaitu:  
  • Untuk mengetahui cara kerja suatu perangkat lunak secara internal.
  • Untuk menjamin operasi-operasi internal sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan menggunakan struktur kendali dari prosedur yang dirancang.

Kelebihan white box testing:
ü  Kesalahan logika. Digunakan pada sintaks ‘if’ dan pengulangan. Dimana White Box Testing akan mendeteksi kondisi-kondisi yang tidak sesuai dan mendeteksi kapan proses pengulangan akan berhenti.
ü  Ketidaksesuaian asumsi. Menampilkan asumsi yang tidak sesuai dengan kenyataan, untuk di analisa dan diperbaiki.
ü  Kesalahan ketik. Mendeteksi bahasa pemrograman yang bersifat case sensitive.

Kelemahan white box testing:
ü  Untuk perangkat lunak yang tergolong besar, White Box Testing dianggap sebagai strategi yang tergolong boros, karena akan melibatkan sumber daya yang besar untuk melakukannya.

2.Black Box Testing
Black box testing adalah pengujian yang dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Jadi dianalogikan seperti kita melihat suatu koatak hitam, kit hanya bisa melihat penampilan luarnya saja, tanpa tau ada apa dibalik bungkus hitam nya. Sama seperti pengujian black box, mengevaluasi hanya dari tampilan luarnya(interface nya) , fungsionalitasnya.tanpa mengetahui apa sesungguhnya yang terjadi dalam proses detilnya (hanya mengetahui input dan output).
Kelebihan Black Box:
ü  Dapat memilih subset test secara efektif dan efisien
ü  Dapat menemukan cacat
ü  Memaksimalkan testing investmen
Kelemahan  Black Box:
ü  Tester tidak pernah yakin apakah PL tersebut benar – benar lulus uji.

Perlu dicermati oleh para konsumen jika setiap produk/teknologi memiliki siklus hidup masing-masing. Siklus hidup program itu dibagi ke dalam empat tahap, empat tahap tersebut yaitu : introduce, growth, maturity dan decline.
Baik kita bahas satu per satu, mulai dari indroduce alias perkenalan. Pada tahap ini produk baru lahir dan belum ada target konsumen yang tahu sehingga dibutuhkan pengenalan produk kepada target pasar dengan berbagai cara.
Tahap kedua adalah tahap grouth atau pertumbuhan. Saat berada pada tahap ini, konsumen mulai mengenal produk yang perusahaan  produksi dengan jumlah penjualan dan laba yang meningkat pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Hal ini akan menyababkan semakin banyak penjual dan distributor yang turut yang terlibat, dengan tujuan untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya pemintaan pasar terhadap produk perusahaan tersebut.
Tahap selanjutnya adalah tahap maturity atau kedewasaan. Pada tahap ini produk mengalami titik jenuh, hal tersebut ditandai dengan tidak adanya peningkatan angka penjualan, sehingga kurva penjualan tetap. Pada tahap ini perusahaan sudah tidak melakukan strategi pemasaran untuk menarik konsumen dan pedagang. Hal ini akan menyebabkan keuntungan akan menurun dan penjualan akan cenderung turun.
Tahap yang terakhir Tahap Decline alias Penurunan. Pada tahap decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain karena produk tersebut sudah tidak memenuhi kebutuhan konsumen atau ada produk lain yang lebih bagus baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini akan mengakibatkan jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati.
Jika dilihat dari berbagai definisi tahapan dalam siklus tersebut, dapat dikatakan bahwa produk elektronik biasanya mempunyai siklus hidup yang cepat mengalami tahap decline, hal ini disebabkan karena kemajuan teknologi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu.
Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dewasa ini, bahkan telah membuat hilangnya batas ruang dan waktu. Mengapa bisa demikian? Contohnya saat Bambang mengujungi rumah Dandi, ternyata Dandi sedang tidak ada di rumah. Bambang meninggalkan pesan melalui note kepada dandi yang berisi bahwa ia datang kerumahnya, saat kembali kerumah Dandi membaca note yang ditulis oleh Bambang. Nah komunikasi yang terjasi antara Bambang dan Dandi terjadi di tempat yang sama diwaktu yang berbeda.
Tak hanya yang berbeda waktu, komunikasi juga dapat dilakukan saat berbeda tempat. Kemajuan teknologi membuat orang yang berbeda tempat dapat saling melakukan interaksi satu sama lain, sederhanya si A yang berada di Jakarta dapat mengobrol dengan si B yang berada di Bandung menggunakan Hand phone. Tanpa adanya teknologi mustahil orang di Jakarta dapat mengobrol dengan orang yang berada di bandung sedangakn jarak antara Jakarta dengan Bandung kurang lebih 150 KM.
Dewasa ini komunikasi bahkan dapat dikakukan di tempat dan waktu yang berbeda. Dengan koneksi Internet yang ada dimana-mana, membuat berbagai teknologi komunikasi bermunculan. Beberapa teknologi yang dapa membuat manuasia saling berinteraksi meski berada ditempat dan waktu yang berbeda antara lain email, voice mail, sosial media, dan lain-lain. Contohya sederhana Yudi yang berada di lampung megirim surat elektronik(email) kepada Andi yang berada di bandung pada hari Senin. Andi membuka dan membaca surat elektronik dari yudi 3 hari setelahnya atau hari Kamis. Dengan begitu yudi dan Andi telah berinteraksi di waktu dan tempat yang berbeda.
Kemajuan teknologi memang telah marasuk ke segala aspek kehidupan manusia, termasuk komunikasi yang awalnya dianggap hanya dapat dilakukan di waktu dan tempat yang sama. Namun perlu menjadi perhatian bagi kita sebagai konsumen, meskipun kita mampu untuk berinteraksi di tempat dan waktu yang berbeda, namun kita tidak dapat saling berbagi kasih sayang dengan perbedaan jarak dan waktu.
Kemajuan teknologi yang berkembang juga jangan sampai membuat kita sebagai pengguna teknologi menjadi ketergantungan dengan teknologi. tidak sedikit manusia yang ketergantungan dengan teknologi telah dimanfaatkan oleh teknologi itu sendiri. Pada dasarnya teknologi itu ada untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sebagai manusia kita harus memanfaatkan teknologi dengan bijak, agar tujuan dari teknologi dapat tercapai.

Sumber:
Perkuliahan Konsep Teknologi Budi Laksono Putro