Monday 14 May 2012

Manfaat Mempelajari Biologi dan Bahayanya

Berkembangnya suatu ilmu diharapkan memberikan kontribusi kepada kesejahteraan bagi kehidupan. Dengan berkembangnya  berbagai  cabang  biologi  akan  semakin bertambah besar peluang manfaat yang disumbangkan oleh biologi, antara lain.
1.    Memberikan pemahaman lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
2.    Memberikan pengetahuan akan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
3.    Memberikan  rangsangan  pada  manusia  untuk melakukan  diversifikasi  pemanfaatan  sumber  daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda.
4.    Memberikan   pengetahuan   untuk   melakukan konservasi  terhadap  sumber  daya  hayati  agar  tidak punah. Seseorang yang memahami biologi akan bersikap dan bertindak lain dalam menghadapi permasalahan kehidupan dibandingkan  dengan  orang  yang  tidak  memiliki pemahaman  biologi.

Contohnya,  ketika  munculnya  wabah  SARS, anggota  masyarakat  disarankan  menggunakan  masker.  Orang awam mungkin beranggapan deng an menggunakan masker mereka tidak akan terkena SARS. Sementara itu bagi yang memahami akan virus, mereka menyadari hanya untuk mencegah meluasnya  virus SARS saja, dan mereka selalu waspada dengan menjaga kebersihan serta  mempersiapkan  tindakan  yang  tepat  bila  menjumpai  gejala SARS di masyarakat. Selain manfaat, kemajuan ilmu pengetahuan terkadang mengandung sisi negatif yang  tidak  diharapkan.  Perkembangan biologi dalam teknik rekayasa genetika tidak diragukan lagi dapat menghasilkan  bibit-bibitunggul  yang  bermanfaat  bagi  pemenuhan kebutuhan manusia. Jika teknik ini disalah-gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,  mungkin  dapat  menghasilkan  bibit-bibit  yang  malah  membahayakan  bagi kehidupan.  Bila  ini  terjadi,  kesejahteraan hidup yang seharusnya disumbangkan ilmu pengetahuan  tidak  tercapai,  tetapi  justru menyengsarakan kehidupan. Untuk  menghindari  penyelewengan  dan  penyalahgunaan teknologi, khususnya dibidang biologi, baru-baru ini dikembangkan aturan-aturan baku atau etika yang harus diperhatikan oleh para ahli yang tertarik pada objek kajian biologi yang disebut bioetika.  bioetika.  bioetika.  bioetika.  bioetika. Dalam bioetika memuat norma-norma atau kesepakatan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang berkaitan dengan penelitian di bidang biologi.

2 comments: