Monday, 24 March 2014

BELAJAR NYOLDER

Apa kabar kalian hari guys,?

kali ini Science Area mau ajak kawan-kawan buat belajar nyolder. apa si Nyolder itu?? nyolder berasal dari kata Solder yang merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan pcb. nyolder berarti menggunakan solder.

1. Solder

oke sebelum kita bahas mengenai Nyolder yang baik dan benar, alangkah lebih baik jika kita kenalan terlebih dahulu dengan sebuah alat yang bernama SOLDER.
solder merupakan sebuah alat yang bekerja dengan mengubah eneergi listri menjadi energi panas. solder juga bermacam-macam, mulai dari solder biasa, solder dengan pengatur suhu dan solder uap/blower. nergi panas yang  tercipta oleh alat ini akan melelehkan timah (TINOL), agar dapat melepaskan atau menyatukan kaki-kaki elemen pada pcb (printed circuit board).Namun , hati-hati panas yang berlebihan juga dapat menyebabkan rusaknya elemen yang akan disambungkan.

2. Alat & bahan lain:
sebelum kita nyolder siapkan alat dan bhan-bhan berikut:
    a. PCB (Printed circuit board










  b.  Tinol (Timah Solder)

  






c.  Resistor








  d.  LED (Light Emitting Diode









  e.  Baterai 9 volt










   f.  Tang potong
  g.  Penghisap solder
  h.  Dudukan solder
   i.  Balsem Solder (Gondorukem)

C. Soldering (Nyolder)
nah sekarang waktunya kita nyolder (soldering). sebelum kita mulai nyolder, inget ya kawan-kawan ketika sudah di colokkan ke sumber listrik, solder itu semakin lama semakin panas, jadi harus ekstra hati-hati, kalo ngga mau kena solder, dan jangan sekali-sekali memegang solder di bagian yang tidak seharusnya.

jika seluruh alat-alat dan bahan diatas sudah ready alias siap hehehe. lanngsung aja kita nyolder bin soldering, langkahnya sebagai berikut:
__ Colokkan Solder ke sumber arus listrik, dan tunggu hingga solder panas, sambil menunggu akan lebih baik jika solder diletakkan pada dudukan solder.
__ Jika dirasa soldr sudah cukup panas, siapkan PCB dan Ambil Tinol
__ Letakkan Ujung Solder pada PCB 
__ Tempelkan Tinol pada ujung solder (Mata Solder) hingga meleleh, sesuai kebutuhan
__ Jika lelehan tinol sudah jatuh pada PBC, angkat solder dan tunggu hingga lelehan tinol kembali mengeras
__ Ulangi hal diatas sesuai kebutuhan

mau tau hasil soldering yang kayak gimana??
hasil soldering yang baik itu tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil ya kira-kira tingginya 0.75mm, rapi, warna bekuan dari tinol mengkilap, dang yang paling penting hasil solderannya Kuat.
 
D. Aplikasi
nah sekarang kita aplikasikan ke rangkaian. ya jadi kita buat rangkaian
yang pertama rangkaian SERI
__ pilih 2 Resistor dengan nilai resistensi yang kecil
__ ambil senuah LED
__ hubunglkan ketiga koponen secara SERI
__ solder pada setiap hubungan antar komponen, agar lebih kuat.

yang kedua rangkaian PARALEL
__ pilih 2 Resistor dengan nilai resistensi yang besar
__ ambil senuah LED
__ hubunglkan ketiga koponen secara Paralel
__ solder pada setiap hubungan antar komponen, agar lebih kuat
Hukum OHM:
dengan demikian kita dapat menghitung Arus yang mengalir pada setiap rangkaian,

eitss hampir aja lupa, ni aku kasih hasil praktik solderan aku saat praktikum Rangakaian Elektronika beberapa hari yang lalu:


yah walaupun tidak sempurna (masih pemula), untuk seorang pemula itu sudah lumayan hehehe,

thanks guys, semoga bermanfaat :)


sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Solder
http://soldermaniak.blogspot.com/2013/09/cara-aman-menyolder.html
http://abisabrina.wordpress.com/2010/08/13/hukum-ohm-dan-rangkaian-seri-paralel/


0 comments:

Post a Comment