Wednesday, 5 November 2014

SABAK, KERTAS (BUKU), & TABLET

a. sabak
Tahukah kalian apa itu sabak?? Sabak adalah alat tulis yang terbuat dari batu granit berwarna hitam, yang  berbentuk papan tipis dengan ketebalan sekitar 3 cm, dan di beri bingkai di pinggirnya, jika dperhatikan bentuknya mirip dengan tablet, oleh karena itu banyak orang yang menyebutnya tablet jaman 50an atau tablet tempo dulu.

Lalu bagaimana degan alat untuk menulisnya?? Alat untuk menulisnya bernama grip,  grip juga terbuat dari batu granit sama seperti sabak. Untuk membersihkan sabak kita cukup mencucinya dengan air atau menggosoknya dengan arang dari beberapa sumber lain juga mengatakan bahwa tulisan pada sabak dapat dihapus menggunakan daun cocor bebek. Sabak bisa untuk menulis, berhitung atau menggambar. Guru memberi nilai dengan kapur pada sabak.

Bagaimana ya cara menulis menggunakan sabak?? Sabak harus selalu berdampingan dengan grip. Sabak sebagai media untuk menulis sedangkan grip adalah alat tulisnya. Dengan menggoreskan grip yang runcing di permukaan sabak, akan menghasilkan bekas seperti menulis pada kertas menggunakan pensil, tetapi agak lebih jelas dari pensil. Menulis huruf, membuat angka pada pelajaran berhitung dan menggambarpun dengan menggunakan sabak dan grip. Bagaimana kalau mencatat? Itulah kelebihan anak sekolah jaman dahulu. Tidak mempunyai catatan, tetapi memahami pelajaran. Sabak ini memiliki kelemahan yaitu data yang kita tuliskan harus dihapus, agar sabak dapat di gunakan kembali.

Pasar sabak di Indonesia saat itu cukup besar. Hal ini dilatar belakangi oleh 2 hal yang salingbertolak nelakang. Yang pertama pasar sabak di indonesia itu besar dikarenakan pada era 50an sabak menjadi alat tulis yang utama,  meskipun sudah terdapat kertas, karena buku tulis masih sangat langka dan harganya juga yang tinggi. Selain hal itu banyak sekolah yang memfasilitasi siwanya dengan Sabak . Yang kedua pasar sabak di indonesia tidak bergitu besar dikerenakan, pada saat itu masih banyak anak-anak Indonesia yang tidak bersekolah, karena berbagai alasan.

b.      Kertas
Apa kertas itu? Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan ataupun toilet.
Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan tablet dari batu pipih yang disebut sabak.
Kertas hadir untuk memberikan solusi akan masalah yang dihadapi sabak.  Dengan ketebalannya yang sangat tipis kertas sangat memungkinkan untuk ditumpuk dari beberapa lembar untuk dijadikan satu(dijilid). Hal ini dapat memungkinkan untuk pelajar menyimpan data tulisannya agar dalpat dipelajari kembali. Berbeda dengan sabak yang data sebelumnya harus dihapus jika ingin menulis kembali. Namun kertas juga memiliki kelemahan seperi sabak yaitu suatu saat akan habis dan harus diganti, penggantian ini dapat membuat data pada buku sebelumnya hilang,terutama pada pelajar yang kuang memperhatikan.
Pada tahun 1979, seorang Prancis bernama Nicholas Louis Robert menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak, dengan melalui perbaikan-perbaikan alat ini kini dikenal sebagai mesin Fourdrinier. Penemuan mesin silinder oleh John Dickinson pada tahun 1809 telah menyebabkan meningkatnya penggunaan mesin Fourdrinier dalam pembuatan kertas-kertas tipis. Tahun 1826, steam cylinder untuk pertama kalinya digunakan dalam pengeringan dan pada tahun 1927 Amerika Serikat mulai menggunakan mesin Fourdrinier.
Pasar kertas di Indonesia semakin menanjak, hal ini didasari oleh beberapa hal, antara lain sudah tidak mumpuninya sabak dengan segala kekuranganyya. Kertas juga membuat pelajar lebih mudah dalam menggunakannya, dan perkemnagan teknolog, kesadaran akan pentingnya pendidikan juga turut menyumbang kemajuan kertas. Di era modern ini kertas tetap menjadi hal penting dalam dunia pendidikan, hadirnya tablet tidak membuat kertas kehilangan pasarnya.

       c.       Tablet
Apa itu tablet? PC Tablet atau yang biasa diringkas dengan sebutan tablet adalah suatu portable komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri utama yang paling menonjol pada sebuah tablet adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan yang menggunakan ujung jari tangan, stilus, maupun pena digital. Selain itu, ukuran tablet relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer PC maupun laptop. 

Tablet kebanyakan digunakan untuk browsing, chatting, serta mengirim dan menerima surat elektronik ( email ). Tablet juga bisa digunakan layaknya handphone untuk menerima dan melakukan panggilan telepon serta mengirim dan menerima SMS. Fitur lain yang biasa disematkan vendor pada tablet adalah kamera digital yang bisa digunakan untuk mengabadikan gambar maupun video. Selain  hal-hal diatas tablet juga dapat menjadi sarana yang digunakan untuk menjadi tempat mencatat kegiatan belajar dan mengajar. Dengan segala fitur yang dimiliki oleh sabak modern ini, sangat memudahkan bagi pelajar dalam menuntut ilmu. Tablet memang lahir untuk menjawab kekurangan kertas yang terbatas. Dengan memori yang besar tablet dapat berisi puluhan bahkan hingga ratusan buku.
Di Indonesia sendiri penggunaan tablet sebagai sarana pendidikan sudah mulai lazim, fiturnya yang lengkap menjadi salah satu alasan. Pasar tablet di Tanah Air saat ini sangat tinggi, namun ditengarai penggunaanya masih banyak untuk dunia bisnis jika dibanding dunia pendidikan. 


reverensi: 
·        Perkuliahan Konsep Teknologi Budi Laksono Putro
·        budi.staf.upi.edu
·        http://asal-usul-motivasi.blogspot.com/2010/10/asal-usul-kertas-dan-pembuatannya.html
·        http://www.kaskus.co.id/thread/5263187a20cb179f6c000004/mengenang-alat-tulis-tempoe-dulu-quot-sabak-dan-gerip-quot
·        http://www.rzhakim.net/2012/10/alat-tulis-sabak-dan-grip.html
·        http://kangtain.blogspot.com/2012/02/batu-sabak-dibuat-ulang-dalam-bentuk.html
·        http://tablet-bb.blogspot.com/2014/01/pengertian-tablet-dan-fungsinya.html

1 comment:

  1. *JUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI DARI MALUKU UTARA*
    (Chrysocolla chalcedony,Living Stone,Gem silica)
    galian tanjung gulau (pulau kasiruta) halmahera selatan,maluku utara

    No Hp : 082293422986 ==###== PIN : 5C50FF58

    *BACAN DOKO SUPER*
    ================
    *Berat 1 ons Rp 750.000
    *Berat 5 ons Rp 1.500.000
    *Berat 1 kg Rp 3.000.000
    *Berat 2 kG Rp 4.500,000
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    *BACAN PALAMEA*
    ==============
    *Berat 1 ons Rp 500.000
    *Berat 5 ons Rp 1.000.000
    *Berat 1 kg Rp 2.000,000
    *Berat 2 Kg Rp 4.000,000
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    KONDISI BATU
    ============

    * Natural (no treatment) asli bukan sintetis
    * Bahan tua galian tambang sendiri
    * Keras & Padat
    * Siap Gosok
    * Full daging tanpa kapur
    * Kualitas super krystal
    * Mineral (chysocolla chalcedony)

    Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
    Kami juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
    Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungi/sms

    No Hp : 082293422986 ==###== PIN : 5C50FF58


    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,
    dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim format pemesanan sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Handpone) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:

    No Hp : 082293422986 ==###== PIN : 5C50FF58

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,
    dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,
    kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota
    dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.
    Assalamu Alaikum

    ReplyDelete